Biografi Edwin van der Sar

Kali ini saya akan menceritakan biografi tentang idola saya dalam sepakbola, yaitu Edwin van der Sar.

Edwin van der Sar lahir pada 29 Oktober 1970. Penjaga gawang yang berkebangsaan Belanda ini masih bermain di Manchester United yang juga klub sepakbola favorit saya. Kali ini saya akan menceritakan awal karir Van der Sar.

Van der Sar memulai karir senior di klub Liga Belanda yaitu Ajax Amsterdam. Ia bermain di Ajax kurang lebih selama Sembilan tahun.  Setelah itu ia pindah ke Italia yaitu klub Juventus. Dari Italia ia pindah ke Inggris. Klub pertama dia di Inggris adalah Fulham dan yang terakhir adalah Manchester United.

Lahir di Voorhout, Van der Sar memulai karirnya di klub kampung halamannya, Foreholte, dan kemudian Noordwijk. Pada usia relatif terlambat, ia dibawa ke perhatian Louis van Gaal, dan kemudian ditandatangani untuk Ajax. Dia menikmati tugas yang panjang dan sukses di sisi senior, memenangkan Piala UEFA 1991-92 dan 1994-95 UEFA Champions League, serta penghargaan Kiper Terbaik Eropa 1995. Ia terus berlanjut untuk Ajax di Liga Champions UEFA 1996. Di final, ia harus puas dengan medali runner-up karena mereka kalah dalam adu pinalti melawan Juventus. Ia membuat total 226 penampilan untuk Ajax dan mencetak gol dari titik pinalti bagi Ajax untuk menyelesaikan suatu kemenangan 8-1 atas De Graafschap di musim 1997-98.

Pada tahun 1999, Van der Sar pindah ke Juventus klub Italia, di mana ia membuat 66 penampilan Serie A sebelum akhirnya kehilangan nomor satu spot Gianluigi Buffon. Tidak puas untuk tetap di bangku cadangan di Juventus, Van der Sar pindah ke klub Liga Premier Fulham pada tahun 2001, dilaporkan harga bandrolnya sekitar £ 7.100.000. Awalnya menandatangani kontrak empat tahun, ia mencetak  127 penampilan baik di Fulham.

Van der Sar pindah ke Manchester United pada 10 Juni 2005. Biaya yang dikeluarkan oleh Mancehster United sebesar £ 2 juta, meskipun biaya transfer yang tepat masih dirahasiakan. Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson mempertimbangkan bahwa dia adalah pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang  yang terbaik untuk klub sejak Peter Schmeichel.

Pada tanggal 5 Mei 2007, ia menggagalkan tendangan pinalti yang menjamin kemenangan 1-0 atas Manchester City dalam derby Manchester. Keesokan harinya, kegagalan Chelsea mengalahkan Arsenal di Emirates memastikan Manchester United  mengkukuhkan trofi Liga Premier kesembilan dan untuk Van der Sar adalah gelar yang pertama. Ia juga ditunjuk untuk menjadi PFA Team tahun 2006-07. Tiga bulan kemudian, ia adalah seorang katalis dalam 16 kemenangan Manchester United dalam FA Community Shield, saat ia menggagalkan tiga pinalti berturut-turut dalam adu pinalti antara  Manchester United dan Chelsea yang hanya bermain imbang 1-1 di akhir waktu yang normal.

Musim 2007-08 adalah musim Van der Sar terbaik sejak kedatangannya. Dia membantu United mengamankan juara Liga Premier dua kali berturut-turut  pada laga terakhir dan memenangkan Liga Champions dengan menahan tendangan pinalti  dari Nicolas Anelka dalam adu pinalti.

Van der Sar menandatangani perpanjangan satu tahun kontrak berjalan dengan Manchester United pada tanggal 12 Desember 2008, membuatnya tetap di klub hingga setidaknya akhir musim 2009-10. Namun hingga saat ini dia masih bermain untuk Manchester United. Kemungkinan setelah akhir musim dia akan pensiun.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s