First Trip to Mount Gede

Disini, saya akan menceritakan pengalaman pertama saya naik gunung. Tepatnya ke gunung Gede tanggal 13-15 April lalu. Karena ceritanya lumayan panjang, jadi saya singkat saja. Kami ber-13 orang, mendaki pada hari Sabtu pukul 7 pagi. Rencana awal jam 2 Sabtu dinihari, tetapi dikarenakan cuacanya hujan dan susah mendapatkan izin mendaki, maka dari itulah kami naiknya Sabtu pagi.

Perjalanan puncak gunung Gede, kami melewati rute Gunung Putri. Rutenya tidak terlalu susah, ya memang diperuntukkan untuk pendaki pemula. Lalu tempat persinggahan kami adalah Surya Kencana biasa disingkat Surken. Surya Kencana adalah padang yang luas, disebut juga padang Edelweiss bunga langka yang hanya hidup di daerah yang tinggi-tinggi. Perjalanan ke Surken memakan waktu 6-7 jam. Ya cukup lama, tetapi begitu sampai di Surken, hilanglah rasa capai yang anda rasakan. Padang yang indah nan luas. Sesampai disana, kami mulai mencari tempat untuk mendirikan tenda, lalu memilih tempatnya pun juga tidak terlalu jauh dari mata air.

Selesai mendirikan tenda, regu kami mulai masak untuk makan sore. Nasi, nugget, sosis adalah bahannya. Untuk minum ada air dari mata air, lalu yang lain membuat kopi dan teh. Setelah makan, kami, khususnya saya berencana untuk tidur. Lumayan meluruskan seluruh badan sampai kaki saking capeknya. Bilamana ada bagian enak pasti ada bagian tidak enaknya. Ya betul sekali. Sekitar jam 11, hujan turun. Semua tenda kemasukan air, ya bisa dikatakan banjir lah. Sekitar jam 1 hujan reda. Kami keluar dari tenda masing-masing. Lalu masak air dan bikin teh atau kopi. Ada juga yang berbenah beresin tenda agar bisa tidur kembali.

Akhirnya kami semua bisa tidur kembali. Keesokan harinya, kami mendapat keuntungan. Cuacanya cerah, sinar matahari masih bisa menembus kabut. Pokoknya indah deh. Nah rencana pagi itu dimulai. Kita memasak sarapan dengan gerak cepat supaya kita bisa melanjutkan ke puncak Gunung Gede. Ingat, Surken itu belum puncaknya. Membutuhkan perjalanan minimal 1 setengah jam untuk mencapai puncaknya. Setelah sarapan dan berbenah kami semua akhirnya berangkat untuk menuju ke puncak gunung Gede tepat pukul 10 pagi.

Akhirnya kita sampai di puncak Gunung Gede pukul 11.30. Perjalanan yang lumayan cepat, karena banyak orang bilang perjalanannya sekitar 2 jam. Setelah berfoto-foto ria, kamipun lekas untuk turun melewati rute Cibodas. Mengapa? Karena Cibodas tempat kami menaruh kendaraan transportasi juga. Perjalanannya cukup lama lho. Kami turun dari atas jam 12 dan sampai di Cibodas jam 6.30. Ya terhitung 6 jam juga sih. Itupun kami semua jalan lari, jalan sambil berlari. Dikarenakan kami tidak mau kena waktu Maghrib di hutan.

Sesampai di Cibodas kami semua pun beristirahat. Ada yang mandi, ada pula yang makan di warung makan. Setelah selesai semua, akhirnya kami semua pulang menuju rumah masing-masing. Tepat jam 11 malam, kami berangkat dari Cibodas.

Ya sekian cerita singkat perjalanan saya dan teman-teman saya dalam pendakian ke Gunung Gede. Terima Kasih :))

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.